Posted by: safirasutorototoma | March 6, 2012

Contoh Aplikasi Pengolah Kata yang Berjalan pada Sistem Operasi Linux

2. Aplikasi Pengolah Kata yang Berjalan pada Sistem Operasi Linux

Pengguna sistem operasi linux kadang masih membutuhkan software yang berjalan pada platform windows, karena itulah dibutuhkan adanya software yang bisa menjembatani. Untungnya kini Ada beberapa Windows emulator baik yang free software maupun yang berbayar. Salah satu Windows emulator freewareyang terkenal adalah Wine. Aplikasi ini sudah tersedia di Ubuntu Software Center (USC). Yang perlu dicatat adalah tak semua aplikasi .exe bisa dibuka dengan Wine

Proyek wine ini dimulai oleh Bob Amstadt (pemimpin awal proyek) dan Eric Youngdale pada 1993 sebagai solusi untuk menjalankan aplikasi Windows di linux. Terinspirasi dari Sun Microsystem’s Public Windows Initiate and Wabi (sebuah usaha mendapatkan Windows API dengan penuh, diimplementasikan pada domain publik, yang kemudian diruntuhkan oleh Microsoft pada 1996) untuk sistem operasi Solaris, aslinya ditujukan untuk aplikasi Windows 3.x (16 bit), walaupun selanjutnya difokuskan pada aplikasi 32-bit yang lebih dominan. Proyek ini berasal dari diskusi di Usenet pada comp.os.linux pada Juni 1993. Alexandre Julliard menggantikan mereka memimpin proyek sejak 1994.

Daripada mengimplementasikan emulator, Wine menerapkan sebuah compatibility layer (lapisan kompatibilitas), menyedakan implementasi alternatif dari DLLs yang program Windows panggil, dan memroses untuk menggantikan kernel Windows NT.

Meski sebenarnya pengembang Wine membuat software ini secara khusus untuk linux, namun Mac OS X, FreeBSD, dan Solaris juga dapat memakainya dengan baik kini. Wine tersedia untuk distribusi BSD yang lain seperti OpenBSD dan NetBSD melalui pengumpulan port dari OpenBSD dan NetBSD pkgsrc.

Tampilan wine
3283166 4e4 Menjalankan Aplikasi Windows di Linux

Contoh photoshop yang berjalan di linux :
Screenshot 1 Menjalankan Aplikasi Windows di Linux

Contoh installasi wine dengan menggunakan ubuntu, Buka jendela terminal dan ketikan kode berikut :
1. user@user-dekstop:~$ sudo apt-get install wine
2. masukan password anda, [sudo] password for user:
3. kemudian akan tampil teks konfirmasi, ketikan y lalu enter
4. tunggu sampai prosess installasi selesai, dan wine sudah terinstall di linux anda

contoh:

  1. Office Suite : Aplikasi yang sudah menjadi syarat mutlak bagi sebuah komputer. Aplikasi ini mencakup pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, dan database sederhana. Program suite terpopuler di Linux adalah StarOffice, buatan Sun. Versi terakhirnya (5.2) menawarkan program-program di atas ditambah program pembuatan halaman web dan pembuat gambar diagram. Sayangnya, program ini cukup berat dan menuntut resource yang besar. Tersedia pula paket komersial seperti ApplixWare dan Corel WordPerfect Office 2000. Bagi yang sekadar memerlukan program pengolah kata dan spreadsheet sederhana bisa mencoba AbiWord, LyX, Klyx, dan Gnumeric Spreadsheet. KDE Project berencana meluncurkan suite KOffice bersamaan dengan rilis KDE2.
  2. Grafis : Program ilustrasi dan manipulasi gambar bukan lagi monopoli Mac atau PC. Di Linux pun sudah tersedia program untuk manipulasi gambar seperti GIMP atau Corel PhotoPaint. Sedangkan untuk program ilustrasi tersedia CorelDraw for Linux. Sedangkan untuk pembuatan diagram tersedia program Dia. Kemudian untuk image viewer tersedia GQView dan GTKSee.
  3. Internet : Untuk urusan internet dan jaringan, khususnya sisi server, Linux dan varian Unix sangat mendominasi dan superior, namun bagaimana untuk sisi clientnya ? Jangan khawatir, di Linux sudah tersedia beragam apikasi internet, seperti : Netscape Communicator, Mozilla, Opera, Lynx, Konqueror (browser web), KvIRC, KsIRC, Xchat, BitchX (IRC), Licq, GnomeICU, Klicq (ICQ), gFTP, NcFTP (FTP), Pine, Mutt, (Email), Caitoo (Download Manager), Nap, Knapster, Gnap (Napster), RealPlayer, Acrobat Reader, dan masih banyak lagi.
  4. Multimedia : Khususnya untuk video, aplikasi Linux masih ketinggalan, terutama karena dukungan standar de facto yang belum mau membuka spesifikasinya. Namun demikian, aplikasi multimedia di Linux cukup banyak dan beragam, antara lain : Xmms, FreeAmp, Kmp3, GQmp3 (MP3), mtv, MpegOrion, Xine (VCD), Aktion (Video Player), Smpeg, dan lain-lain
    Pemrograman : Di platform Linux banyak tersedia bahasa pemrograman, terutama C dan C++. Perkembangan terakhir adalah RAD (Rapid Application Development) berbasis Gtk+ dan Qt seperti Glade dan Kdevelop.
  5. Web Development : Kecuali dalam desain web, Linux sangat superior dalam hal pengembangan web. Tools seperti Perl, PHP, database MySQL, PostGreSQL tersedia gratis di Linux. Untuk desain web bisa digunakan BlueFish, WebMaker, WebDesigner, Screem, dan Quanta. Khusus untuk pengembangan multimedia seperti Flash, Shockwave, dan QuickTime, belum tersedia aplikasinya di Linux karena spesifikasinya yang tertutup.
  6. Game : Perkembangan game di Linux, terutama game-game populer dan besar memang tidak sepesat Windows, namun beberapa game sudah tersedia clone-nya yang gratis di Linux, seperti FreeCiv (Civilization).

sumber : http://www.oocities.org/imamindrap/articles/aplikasi_linux.html dan http://www.jakartawebhosting.com/blog/windows-technology/menjalankan-aplikasi-windows-di-linux/

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: